Senin, 19 April 2021

Scalling

Setiap saya gosok gigi selalu ada darah di sikat gigi, ketika meludah juga kadang ada sedikit darah, apalagi saat bicara, bau mulut tidak enak, jadi kurang pd kalau mau bicara dengan orang lain apalagi saat pakai masker bau mulut kecium sendiri huu tidak enak rasanya. Ternyata semua itu karena karang gigi, walaupun saya sikat gigi sampai berkali kali atau pakai obat kimia sekalipun, karang gigi tidak bisa lepas dan bersih, satu satunya cara yaitu dengan scalling atau pembersihan karang gigi.



Dari ketidak nyamanan itu timbul niat saya untuk pembersihan karang gigi, bertanyalah saya pada dokter gigi langganan, ternyata biayanya antara 200 – 300 ribu untuk semua gigi, biaya scaling tidak dicover BPJS lho.

Kebetulan baru dapat SHU dari koperasi karyawan yang nilainya 300an ribu, segeralah saya menuju ke dokter gigi 05 April 2021 habis maghrib bersama istri dan anak sholekhah.

Sampai di tempat praktek dokter gigi menunggu antrian nomer 3, setelah tiba giliran masuk ruang periksa ditanya dokter mau dibersihkan semua atau cuma bawah saja? Saya pilih semua aja biar bersih tuntas.



Kursi direbahkan, gigi diganjal sehingga mulut terbuka, mata saya ditutup pakai tisu agar tidak silau dengan lampu yang menyorot ke mulut saya, dokter gigi mulai membersihkan plak gigi dengan alat khusus dibantu satu asisten, suara alat memekik seperti gerinda listrik, air liur bercampur sedikit darah yang berkumpul dimulut disedot dengan alat khusus, karang gigi rontok, kadang ada bagian gigi yang linu waktu dibersihkan,  proses ini memakan waktu 45 menit menurut istri saya yang menunggu diluar ruang periksa. Setelah selesai proses pembersihan saatnya pembayaran “berapa dok” tanya saya, “untuk plak segitu biayanya 250ribu aja” jawab bu dokter, mungkin plak saya termasuk sedang, “apakah sudah benar – benar bersih dok?” Bu dokter memberi saya cermin untuk memastikan bahwa karang gigi telah hilang dari gigi saya. Pesan bu dokter “setahun lagi bisa datang kesini lagi untuk pembersihan gigi” terima kasih kata saya.

Efeknya setelah pembersihan, Alhamdulillah gigi jadi kesat, bau mulut hilang, sewaktu gosok gigi tidak berdarah lagi, saat pakai masker tidak tercium bau mulut sendiri, mulut terasa bersih siap menyambut bulan suci seminggu lagi (jatuh tgl. 13 April 2021).